Sehingga mereka tidak hanya tau secara teori,namun juga secara praktek.
Selasa, 14 Juli 2015
STUDY TOUR tahun ke 2 : Visit Hotel (Jatim) SOLARIS Hotel Malang
Pada kesempatan kali ini,Mahasiswa
D3 Perhotelan yang memasuki tahun pertama yaitu pada semester 2 melakukan
Kunjungan Hotel/Hotel visit. Program ini memang diadakan pertahun oleh Kampus Akpar
Majapahit. Tujuannya untuk pengenalan awal oleh Mahasiswa Perhotelan di
Industri Hotel sebagai tempat/lingkup kerjanya kelak.
Tak hanya melakukan visit Hotel
Jatim,pada tahun ke 2,atau menginjak semester 4,Mahasiswa berlanjut melakukan
kunjungan Hotel luar negri. Seperti tahun lalu, di Thailand.
Tujuannya pun tak beda, agar
Mahasiswa/calon hotelier siap bersaing di industry perhtelan dunia.
Supaya meraka tau bedanya Hotel
hotel kelas berbintang. Mahasiswa juga dituntun untuk tau lebih banyak lingkup2
akomodasi pariwisata dunia. Bukan hanya Hotel saja, tapi mencangkup MICE,Homestay,guest
House,dan villa/penginapan
Kali ini Mahasiswa dilepas secara
kelompok untuk menghandle sendiri pemesanan hotelnya.
Hal ini bertujuan agar supaya
Mahasiswa tau real cara cara Check In.
Sehingga mereka tidak hanya tau secara teori,namun juga secara praktek.
Sehingga mereka tidak hanya tau secara teori,namun juga secara praktek.
Adapun tata cara Check In di Hotel :
Mereka sebagai Tamu
hotel memesan kamar (reservasi/booking) melalui telepon, petugas front
desk Solaris Hotel langsung membuka program dan mendata pemesanan. Program
kemudian menginformasikan data-data kamar yang sudah dipesan, dan
memberitahukan jika kamar tersebut telah dipesan oleh tamu lain.
Pada hari tamu
datang (check-in), petugas akan diingatkan bahwa tamu tersebut akan
melakukan
check-in.
Setelah tamu masuk, program segera membuat formulir pendaftaran tamu (registration
card)
dan semua tagihan secara otomatis. Saat tamu keluar (check-out) dan
melakukan pembayaran,
Mereka mengaku sangat enjoy,dalam
pembelajaran seperti ini bisa menjadi tamu ‘beneran’ , bukan hanya simulasi
seperti praktek diKampus biasanya.
Selain itu Mahasiswa mendapatkan banyak
pengetahuan tambahan, dengan melihat secara langsung, interaksi pegawai
Hotel,mulai dari Doorman,Receptionist dan roomboy ketika mengantar mereka ke
kamar yang telah dipesan sebelumnya .
FRONT OFFICE
DEPARTMENT HOTEL
DEPARTEMEN YANG MELAYANI DAN
MENANGANI KEDATANGAN TAMU (Chek- In), KEBERANGKATAN TAMU (Check-Out), PINDAH
KAMAR (Room Change), SERTA PELAYANAN LAIN YANG TERKAIT DENGAN TAMU YANG
MENGINAP, CONTOH COMPLAIN DLL
PERANAN FRONT
OFFICE
n SEBAGAI PUSAT KEGIATAN HOTEL
n KESAN PERTAMA DAN TERAKHIR BAGI TAMU
n SEBAGAI TEMPAT BAGI TAMU PADA SAAT TIBA, MENGINAP, ATAUPUN
MENIGGALKAN HOTEL.
n SEBAGAI DEPARTEMEN YANG MENGHASILKAN SETENGAH DARI SELURUH
PENDAPATAN HOTEL
FUNGSI FRONT
OFFICE
A. MENYEWAKAN KAMAR
4
ASPEK DALAM PENYEWAAN KAMAR
-
MENERIMA PESANAN KAMAR
-
MENANGANI TAMU WALK-IN GUEST
-
MELAKUKAN REGRISTASI
-
MENENTUKAN KAMAR
B. INFORMASI PELAYANAN HOTEL
2
MACAM PELAYANAN INFORMASI :
-
PELAYANAN DI DALAM HOTEL
-
PELAYANAN DI LUAR HOTEL
C. MENGKOORDINASI PELAYANAN TAMU
-PENGHUBUNG
ANTARA BAGIAN – BAGIAN DI HOTEL
-
MANANGANI BARBAGAI MASALAH DAN KELUHAN TAMU
D.MENYUSUN LAPORAN STATUS KAMAR
ALATNYA
YAITU ROOM RACK
CONTOH
STATUS KAMAR :
C/I,C/O,SLEEP
OUT, RSV, RC,OO, Vd,Vc, Od,Oc,HU.
E. PENCATATAN PEMBAYARAN TAMU
-
MEMBUKA REKENING TAMU
-
MENYUSUN DAN MENCATAT BERBAGAI
TRANSAKSI TAMU
-
MEMBATATASI JUMLAH KREDIT
F. PENYELESAIAN PEMBAYARAN
-
MEMPERSIAPKAN REKENING TAMU
-
MENYUSUN REKENING TAMU
-
MELAKSANAKAN PROSEDUR C/O
G. MENYUSUN RIWAYAT KUNJUNGAN TAMU
(GUEST HISTORY CARD)
-MELAKUKAN
PENCATATAN
-MELAKUKAN
ARSIP
H. PENANGANAN ALAT KOMUNIKASI
-
TELEPHONE
-
FAKSIMILE
I. MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU
-
PADA SAAT C/I, C/O,R/C
-PENITIPAN
BARANG
Info
Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar