Sekolah Kuliner Berkualitas dengan Biaya Lebih Murah
Program 3 Bulan, Profesional 1 Tahun, D3 dan S1.
Jl. Kaliwaron 58 - 60, Surabaya. Telp/Fax : 031 5999593.
HP/SMS: 082230059993. Pin BB : 7FAD2F96
Line ID : tristarkaliwaron. Email : tristar_royal@yahoo.co.id

Kursus di Surabaya

Pages

Selasa, 14 Juli 2015

HANYA DALAM SEMINGGU SUDAH MENGUASAI 40 MASAKAN CHINESE FOOD

Pada prinsipnya memasak itu mudah, Sebagai praktisi pengolahan masakan Chinese yang sudah berpuluh tahun menggeluti  pembuatan berbagai macam masakan Chinese. Saya berhasil menemukan ‘benang merah’ masakan Chinese yang sangat mempermudah bagi seorang awam/pemula  untuk memulai karirnya dalam mengenal pengolahan masakan Chinese.” Kata Chef Bagus Optimis.


Chef yang dikenal dengan nama Chef Bedhil ini bernama panjang R.Bagus Handoko. Chef Bagus adalah Dosen pengajar diKampus Akpar Majapahit,selain mengajar kursus masakan Chinese Food Chef Bagus juga ahli di masakan Vegetarian.
Peserta terlihat enjoy,dan asik ketika ikut kelas Chef Bagus selama Seminggu.



Pada kursusan kali ini terdiri dari 4 Peserta yang masing masing berasal dari daerah yang berbeda. Sebut saja Bu Susan jauh jauh dari NTT Ia datang langsung ke Surabaya tepatnya di Kampus Akpar Majapahit untuk belajar Memasak masakan Chinese Food.
Ada lagi bernama Ibu Anbar dari Pasuruan juga mengaku,system belajar bersama Chef Bagus sangat menyenangkan.

Tujuan masing masing peserta tentu berbeda, ada yang hanya ingin bisa masak masakan Chinese,namun ada juga yang memang berniat untuk membuka Restoran Chinese Food di daerahnya.
            “Belajar bersama Chef Bagus sungguh mengasikkan, memang sih keliatannya Chef Bagus muka nya galak, serem, hari pertama saya lihat muka Chef Bagus saja takut, eh setelah beberapa jam kenal Chef Bagus ,ternyata hatinya hello Kitty. Hehe” ungkap salah satu peserta tentang Chef Bagus pengajarnya waktu itu.
            Chef yang berciri khas dengan topi Tentaranya/Baret ini memang terlihat galak (awalnya),namun diakui banyak peserta yang simpatik dengan sikap Chef Bagus yang konyol .
Tak heran setiap kelas yang diajar Chef Bagus suasananya pecah tak sebeku Es Batu. Hehe
            “Ternyata bikin Sup Asparagus Kepiting mudah sekali, Wah saya sampai heran, ternyata saya bisa masak masakan seenak ini,rasanya persis dengan Sup asparagus di Resto Favorite saya” Sambungnya antusias ambil beberapa kali mengincipi hidangan yang tertata rapi di meja Display Lab.Kithen Akpar Majapahit.
Chinese Food adalah kuliner yang dihasilkan oleh penduduk Republik Rakyat China. Istilah masakan China di daratan China juga mengacu kepada variasi dan tradisi yang berkembang di negara tersebut. Namun, masakan China yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia adalah  masakan etnis Han (Tionghwa). Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia.

Masakan China mempunyai Karakteristik menggunakan bermacam-macam bahan, mulai dari akar Bunga, lidah bebek, cakar beruang, lidah dan insang ikan, bunga lili, dan sebagainya. Hal ini membuat orang asing menganggap masakan Cina sebagai kuliner yang eksotis.
Sebagian besar hidangan adalah campuran dari beberapa macam bahan. Daging dan sayur disajikan bersamaan. Bumbu dan perisa ditambahkan pada saat memasak.
Ciri masakan ini adalah memiliki paduan rasa yang gurih, manis, segar, ada rasa pedas  dan bahan yang dipergunakan hampir seluruhnya tersedia  di tanah Jawa

Chef Bagus menerapakan Ilmu Benang Merah pada pelatihan memasak Chinese Food.

Sebenarnya tradisi benang merah ini bukan produk baru di dunia kuliner. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di dunia kuliner barat mother sauce atau saus dasar sangat dikenal. Sebagai contoh : Demiglace dan Mayonaise , dimana masing-masing saus dasar memiliki keturunan. Berkaca dari mother sauce nya masakan western inilah, saya membuat saus dasar untuk mempermudah siapapun yang ingin belajar masakan Chinese.”Ungkapnya.


Benang merah yang saya maksudkan adalah : SAUS DASAR TUMIS BESERTA KETURUNANNYA, SAUS DASAR ASAM MANIS, SAUS DASAR PEDAS, DASAR MASAKAN  AYAM KANTON, DASAR MASAKAN DAGING SAPI KANTON, DASAR MASAKAN KELUARGA MIE  DAN DASAR MASAKAN KELUARGA NASI GORENG.

            “Saya akan menerapkan Aplikasi ‘benang merah’ masakan Chinese , beserta contoh masakannya, selebihnya jika anda ingin membuat masakan , silahkan mampir ke restoran yang ingin anda tiru, catat bahannya, dan saya jamin bumbu dan cara membuatnya persis seperti yang saya ajarkan. Meskipun nanti ada perbedaan rasa, sekalipun berbeda pada bumbu,kita masih bisa menelusurinya jika memang bumbu itu harus ada, dalam artian tidak akan susah didapatkan di tanah Jawa. “ Ungkap Chef Bagus pada saat sebelum dimulainya praktek, Peserta masuk kelas terlebih dahulu,menerima teori dan system tanya jawab. Tanya jawab juga berlangsung pada saat proses memasak/mengolah masakan di dapur. Sehingga Peserta lebih leluasa bertanya serta memahami lebih dalam.


TAKSONOMI CHINESE CUISIN ala CHEF BAGUS HANDOKO

1.Saus Dasar Tumis
2.Saus Dasar Asam Manis
3.Saus Dasar Pedas
4.Saus Dasar Inggris
5.Saus Dasar Mentega
6.Saus Dasar Lemon
7.Saus Dasar XO
8.Dasar Nasi Goreng
9.Dasar Mie Goreng
10.Daging Sapi ala Kanton

Koloke,contoh masakan Aplikasi dari Saus Asam Manis
Kepiting Masak Mentega,contoh masakan aplikasi dari Saus Mentega
Ayam Suas Lemon,contoh masakan, aplikasi dari Saus dasar lemon

Cap cay Kuah, contoh masakan aplikasi dari Saus Dasar Tumis
            Peserta mengaku lebih mudah dan memahami dengan system belajar memasak yang diterapkan Chef Bagus. Karena tidak terpacu oleh resep. Hanya memahami pembuatan 10 Macam Taksonomi Saus Dasar Chinnese Food. Peserta mampu mengaplikasikannya ke berbagai macam masakan.

            “Waw, saya Ibu Rumah Tangga yang hanya bisa masak Mie instan selebihnya pembantu saya yang masak, sejak belajar bersama Chef Bagus sekarang Suami saya memuji,katanya ada Koki baru ala hotel Bintang 5 dirumah sendiri hehehe” Ungkap Bu Serly,salah satu peserta dari Surabaya yang sangat antusias mengikuti kelas kursus. Waktu itu adalah hari ke 7 (terakhir) peserta belajar di Akpar Majapahit bersama Chef Bagus.


 Info Kuliah/Kursus di Akpar Majapahit

081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.
Salah satu dari peserta juga,yang awalnya hanya ingin tau saja sekedarnya masakan Chinese,kini Ia mengaku berniat untuk membuka Restoran Chinese di daerahnya.

“Dengan mempelajari saus dasar masakan Chinese, maka pembelajaran yang kita lakukan sangat lah sederhana. Artinya jika saus dasar sudah dikuasai, maka masakan apapun dapat dibuat dari saus dasar yang ada. Sebagai contoh : cap cay, cah kangkung, cah kailan daging sapi, ayam cah kacang mente, cumi cah jamur atau pun daging sapi cah cabe kering, sangat mudah dibuat karena anda hanya membuat saus dasar tumis sebagai bumbu nya. Sayurannya, terserah anda karena anda lah  Chef nya. Mudah bukan?”

Selamat  mencoba.




 Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.

13 komentar:

  1. artikel ini sangat bagus sekali. semoga makin banyak orang yang membacanya dan mengambil manfaat dari artikel ini.

    IAS Group Fabrication
    Toko alat medis

    BalasHapus
  2. Chinese dishes are already tens of years in the manufacture of a wide variety of Chinese
    http://www.suksestoto.com/

    BalasHapus
  3. Saya tertarik belajar masakan chines food, kira2 15 hari bisa ngga?dan berapa biayanya?saya dari kalimantan?

    BalasHapus
  4. Saya minat, lokasinya dimana ya?

    BalasHapus
  5. Masih buka kelas dan biayanya berapa?

    BalasHapus
  6. Chef bagus hebattt , salamm kulineerrr mmmmwwaaaahhhhhhahahahahahah😁😘💙💙💙

    BalasHapus
  7. Mantaap saya pengin sekali belajar masakan China

    BalasHapus
  8. Apa masih buka klas? Di msns lokasinya

    BalasHapus
  9. Maaf sy mau tny soal kursus chineshfood ada kah contak wa yh bs dihub terima kasih

    BalasHapus
  10. Apa disini bisa mendapatkan sertifikat?

    BalasHapus
  11. Saya mau belajar masak chinese melalui daring
    apakah ada?

    BalasHapus