Front Office
Department ( Departemen Kantor Depan ). Adalah
Departemen atau bagian yang berada di depan atau lobby sebuah Hotel yang
melayani Tamu pada saat Datang ( Check-in ), pada saat Berangkat (Check-out),
ataupun Pindah Kamar ( Room-Change ) serta melayani Informasi yang setiap saat
diperlukan oleh tamu .
Kegiatannya
: Menjual kamar yang siap di huni.
Dalam
menunjang lancarnya proses belajar mengajar Mahasiswa Perhotelan, Kampus Akpar
Majapahit yang berlokasi di Jl.Jemursari 244 Surabaya ini mempunyai fasilitas
pendukung lainnya, seperti Bar counter,Laundry,Lab Komputer, Mini Hotel, dan
juga tersedia Front Office Counter yang sangat membantu proses pembelajaran
(Praktek).
Selain teori,Mahasiswa dituntut
mampu mengetahui cara kerja Receptonist,Casier dan seksi seksi lainnya di dalam
Departemen FO (Front Office).
Counter Front Office yang terletak di lantai 4 Kampus Akpar
Majapahit ini, sudah memiliki fasilitas yang sudah dibilang lengkap. Mulai dari
Telephon, Komputer rack,dll.
Adapun peralatan yang biasanya
digunakan Front Office Hotel :
Front office counter
Counter adalah meja panjang yang
digunakan untuk menerima kedatangan tamu dan tempat menyimpan sebagian
peralatan dan perlengkapan kantor depan.
Room rack/rak status kamar
Dalam sistem operasional hotel semi
otomatis, room rack berfungsi untuk mengetahui setiap saat status kamar, room
rack ini disusun berdasarkan no kamar & lantai kamar, untuk mengetahui
status kamar maka digunakan kode warna merah untuk kamar yang occupied (dihuni),
serta diberi tanda kertas kecil (room rack slip/guest slip) yang akan
diselipkan pada room rack untuk mengetahui data tamu yang menginap. Warna
kuning menunjukkan kamar yang vacant dirty yang artinya kamar tersebut kosong
dan masih kotor sehinga
belum bisa dijual, warna bening untuk kamar yang bisa dijual atau available
room. Status kamar lainnya seperti sleep out, out of order, occupied no luggage
akan diberi tanda dengan menyelipkan slip/kertas kecil yang bertuliskan status
SO(Sleep out), OOO(Out Of Order),OOS (Out of Service) atau ONL (Occupied No
Luggage)
Information rack
Rak informasi berguna untuk
mengetahui nama tamu yang menginap di hotel, penyusunan rak ini berdasarkan
alpabet nama tamu. Ketika ada tamu yang check in maka akan dibuatkan guest slip
yang diselipkan pada room rack dan information rack. Rak ini biasanya terdapat
di bagian telepon operator dan housekeeping/tata
graha.
Reservation rack/rak
pemesanan kamar
Rak pemesanan kamar berada di bagian
reservasi, rak ini adalah tempat untuk menempatkan reservation slip, penyusunan
rak ini berdasarkan tanggal kedatangan tamu menginap dihotel serta jenis tamu.
Key and Mail rack/rak
kunci kamar dan surat
Rak ini berfungsi untuk menyimpan
kunci kamar dan pesan untuk tamu. Key & mail rack ini sudah jarang
ditemukan pada hotel yang besar dan hotel yang menggunakan sistem komputer. Hal
ini dikarenakan jarang digunakannya kunci pintu kamar manual, tetapi
menggunakan kunci yang berbentuk kartu (key card/ving card) sehingga tidak
memerlukan tempat khusus untuk menyimpannya. Begitu juga untuk penyimpanan
surat atau pesan untuk tamu tidak memerlukan tempat khusus karena setiap ada
pesan/surat untuk tamu akan dihubungi ke kamar atau diantar ke kamar.
Peralatan
yang digunakan untuk sistem hotel otomatis/komputer
Komputer
Di jaman yang sudah canggih ini, penggunaan komputer sangat penting karena
komputer mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sistem manual atau semi
otomatis, kelebihannya antara lain data yang
ada lebih akurat, waktu penyimpanan data yang lebih lama dan pengaksesan data
yang lebih cepat. Sistem operasional hotel komputer yang digunakan banyak jenis
nya tergantung pada kebutuhan hotel, seperti contoh banyak hotel yang
menggunakan sistem Maxial,Fidelio/Micros, Hotel Pro, Realta, HIS dsb.
Bill rack
Rak untuk menyimpan tagihan tamu
beserta supporting bill (bon pendukung)nya, rak ini disusun berdasarkan nomor
kamar tamu.
Safe deposit box
Safe deposit box/kotak tempat
menyimpan barang berharga milik tamu seperti: passpor, dokumen, perhiasan, uang
dll. Fasilitas penyimpanan ini tidak dikenakan biaya jika tamu tersebut
menginap dihotel, apabila tidak menginap dihotel maka akan dikenakan biaya
penyewaan yang besarnya tergantung dari lamanya penyewaan safe deposit box.
Safe deposit box ini terletak tidak hanya di dekat counter Front Office tetapi
umumnya juga tersedia didalam kamar.
Paging board
Paging board adalah papan yang
digunakan untuk mendapatkan tamu di sekitar lobby atau di restoran, apabila ada
tamu yang mencarinya atau ada sambungan telepon untuknya, perlengkapan
pendukung paging board yaitu bel yang berfungsi untuk menarik perhatian tamu.
Pigeon Hole
Berguna untuk menyimpan surat/memo
untuk internal hotel, segala surat yang didistribusikan ke bagian kantor depan
akan disimpan di rak ini yang kemudian akan di baca oleh seluruh petugas kantor
depan sebagai informasi terkini
Telephone
Telepon berfungsi sebagai alat
komunikasi bagi seluruh staf dalam hal berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan
dan keinginan tamu.
Fax machine/mesin fax
Fax merupakan salah satu alat
komunikasi yang penting digunakan dihotel, karena pada masa sekarang ini
media/alat bisnis yang paling sering digunakan dan relatif murah adalah dengan
meggunakan mesin fax. Fax ini akan menerima salinan surat yang dikirim oleh si
pengirim persis sama dengan surat yang dibuatnya.
Key drop box
Ketika tamu tidak berada di kamarnya
sebaiknya ia menitipkan kunci kamar di bagian reception untuk menghindari
kehilangan serta diketemukannya kunci oleh orang lain. Key drop box ini berupa
kotak yang berada di counter dan diberi lubang kecil untuk memasukan kunci yang
dititipkan.
PABX
PABX (Private Automatic Branch
Exchange) adalah alat utama yang digunakan di bagian operator telepon, alat ini
berupa telepon yang terdiri dari tombol-tombol serta dilengkapi dengan head set
dan pengeras suara
untuk menerima sambungan telepon masuk atau melakukan sambungan keluar hotel.
Luggage trolley
Lugagge troley digunakan oleh
porter/bellboy yang berfungsi untuk membawa barang bawaan tamu yang jumlahnya
relatif banyak, ada beberapa macam trolley yang dikenal dengan bellhop,
president, gemini.
Key encoder machine
Alat ini berguna untuk memprogram
kunci kamar, cara penggunaan alat ini dengan memasukan nomor kamar dan masa
berlakunya kunci yang biasanya diprogram sampai dengan tanggal
keberangkatannya,
alat ini dapat membuat kunci kamar duplikat jika tamu yang berada di kamar
lebih dari satu orang, jenis kunci yang dipergunakannya adalah unci yang
berbentuk kartu yang juga bisa di program beberapa kali
untuk tamu yang berbeda.
Credit card imprinter
Adalah alat untuk mencetak data yang
ada di kartu kredit seperti nama tamu, nomor kartu dan masa berlakunya kartu.
Pada era sekarang ini penggunaan alat ini sudah jarang karena digunakannya
Electronic Data Capture (EDC) machine sebagai pengganti fungsi credit imprinter
ini, namun alat ini digunakan jika jalur/line EDC machine mengalami kerusakan.
EDC (Electronic Data
Capture) machine
Berfungsi untuk mencetak kartu
kredit tamu, jika pembayaran yang digunakan kartu kredit. Apabila dana yang
diminta hotel disetujui oleh pihak bank dan bank akan memberikan nomor
persetujuan yang akan
tertera pada slip/kertas kartu kredit. Jika bank tidak menyetujui maka akan
terlihat tulisan pada display EDC seperti expired card/kartu sudah tidak
berlaku atau do not honour yang disebabkan tagihan kartunya melebihi batas yang
ditentukan oleh bank.
Formulir
Penggunakan formulir dibagian kantor
depan hotel tidak harus sama bentuknya di hotel, namun kolom atau data yang ada
di dalam formulir tidak terlalu berbeda, ada formulir yang digunakan di hotel
satu namun
tidak digunakan dihotel lainnya, dengan kata lain penggunaan formulir
tergantung kebutuhan hotel masing-masing. Formulir yang umumnya terdapat di
bagian kantor depan:
1. Registration form
2. Guest card
3. Meal coupon
4. Welcome drink card 100
5. Guest slip
6. Cash receipt
7. Reservation form
8. Reservation slip
9. Reservation of confirmation letter
10. Bellboy errand card
11. Luggage tag
12. Baggage claim check
13. Parking valet card
14. Change room or rate form
15. Sleep out form
16. Miscellanous form
17. Paid out form
18. Rebate form
19. Bellboy control sheet
20. Message form
21. Safe deposit box card
22. Guest history card
23. Foreign exchange form
24. VIP daily list
25. Today expected arrival list
26. Arrival list
27. Guest in house list
28. Departure list
29. No show list
30. Cancellation list
31. Group rooming list
32. Courtessy call list
33. Onward Reservation Form (for Hotel chain)
34. Incognito/Full Incognito Forms
35. Fruit/Flower Requisition Form
36. Guest Birthday Form
37. Towels Form (for Swimming Pool)
38. Taxi Card
Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar