WHAT IS SERVICE…?
- S
= SMILE FOR EVERY ONE
- E
= EXCELLENT IN EVERYTHING WE DO
- R
= REACHING OUT TO EVERY GUESTS
AS SPECIAL
- V
= VERY WELL COMMUNICATION
- I =
INTERNATIONAL COURTESY
- C
= CREATING A WARM ATMOSPHERE
- E
= EYE CONTACT THAT SHOWS WE ARE
Siang itu Mahasiswa semester 3 sedang
melakukan praktek mata kuliah F & B Service (Food & Baverage service).
Tepatnya dilantai 4 Kampus Akpar Majapahit, dengan bimbingan Dosen, Ibu Utcha
praktek berjalan dengan lancar. Beberapa Mahasiswa yang praktek adalah juga
dari Mahasiswa semester 5. Penggabungan pembelajaran/kelas terjadi pada saat
hari itu saja, dikarenakan Mata Kuliah mereka hampir sama, yaitu Prosedur
menangani tamu di Restoran. Mahasiswa semester 5 berperan sebagai Supervisor
Restoran (Mata Kuliah mereka saat itu). akhirnya Bu Utcha menggabungkan kelas
untuk melakukan praktek secara bersamaan.
Semester 3
melakukan simulasi seperti waiter di Restoran pada umumnya. Dan Mahasiswa
semester 5 wajib bisa memimpin adik adik kelasnya karena pada saat itu bertugas
sebagai Supervisi Restoran.
Praktek
berjalan lancar,dan efektif.
ADAPUN PROSEDURE
MENANGANI KEDATANGAN
TAMU DI RESTORAN :
1)
MEMBERI TANDA
RESERV / SUDAH DI PESAN DI MEJA SEBELUM TAMU DATANG
2)
GRETTING (
GRETTER)
3)
MEMASTIKAN TAMU
YANG DATANG ADALAH YANG MEMESAN
4)
MENGAMBIL TANDA
RESERV
5)
SERVICE SQUENZE
:
·
Setelah tamu
datang dan menempati kursi yang diinginkan, waiter akan memberikan menu makanan
dan minuman dan menawarkan menu spesial hari ini, apabila tamu sudah menentukan
menu kemudian dicatat pada captain order untuk diserahkan pada bagian
produksi/dapur.
·
Apabila makanan
dan minuman sudah selesai diramu, maka segera diberikan kepada tamu untuk
dinikmati, selama proses ini mungkin saja tamu menginginkan menu tambahan oleh
sebab itu waiter harus selalu mengamati tamu
·
Jika makanan
dan minuman telah selesai dinikmati, akan membawa peralatan yang sudah tidak
dipakai sehingga meja bersih dari alat-alat kotor.
·
Waiter akan
menginformasikan kepada kasir untuk mempersiapkan bon dan segera menyampaikan
kepada tamu
·
Pada saat
menangani pembayaran, perlu diperhatikan metode pembayarannya, apabila
menggunakan kartu kredit harus dilihat jenis kartu yang diterima oleh restoran
dan masa berlakunya.
·
Setelah tamu
menyelesaikan pembayarannyan, tamu akan meninggalkan restoran, lakukan
pengantaran tamu sampai kedepan pintu
·
Hal terakhir
yang dilakukan oleh waiter adalah menata kembali meja dan peralatannya agar
bisa digunakan untuk tamu yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar